Harajuku Style

Harajuku di Jepang merupakan sebuah area atau daerah di sekitar stasiun kereta api Harajuku. Harajuku syle adalah sebuah kebudayaan orang jepang yang di adopsi oleh para anak muda yang sering berkumpul disana dan menggunakan gaya pakaian yang unik atau kostum.
Harajuku style sendiri terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan dari gaya pakaian atau kostum yang digunakan yaitu Visual Kei, Gothic Lolita, Decora & Kawaii dan Ganguro & Kogal. Namun pada perkembangannya ada juga yang berpakaian dengan menggunakan kostum ala anime dan biasa disebut Cosplay.
  • Visual Kei adalah gaya berpakaian Harajuku yang di adaptasi dari para musisi Japanese Rock(jrock). Biasanya anak-anak muda yang bergaya Visual Kei adalah merupakan fans dari salah satu band Japanese Rock tersebut.
  • Gothic Lolita adalah gaya Harajuku yang suka digunakan oleh remaja permempuan di Jepang. Ciri khasnya terdapat pada baju yang dikenakan adalah dress sepanjang lutut dan menggunakan aksesoris kepala atau head-band. Biasanya mereka menggunakan warna baju gelap dengan make up ala Gothic.

  •  Decora & Kawaii biasanya dipakai oleh kaum remaja perempuan. Decora yang berarti dekorasi dan Kawaii yang berarti lucu menjadi ciri khas dari gaya ini. Para remaja perempuan tersebut biasanya berpakaian menggunakan pakaian yang biasanya dipakai anak kecial dengan dekorasi lucu beragam warna.
  •  Ganguro style muncul pada awal tahun 90an dan mencapai puncaknya pada tahun 2000. Ganguro girl memiliki warna kulit coklat gelap seperti setelah berjemur sinar matahari, dengan warna rambut bleach, blonde atau silver dengan menggunakan lipstick dan eye shadow berwarna putih. Kogal girl tidak jauh beda dengan ganguro girl namun terkadang Kogal girl biasanya adalah para wanita yang bekerja dibidang prostitusi.

Untuk Cosplay aku akan menulisnya terpisah pada artikel yang baru.

Leave reply

Back to Top